Search Engine

Selasa, 17 Februari 2009

Import Data dari Visual FoxPro ke MySQL (Konversi data dari FoxPro ke MySQL)

Untuk mempraktikkan import data dari Visual FoxPro, buatlah terlebih dahulu tabel melalui program Microsoft Visual FoxPro. Disini saya akan mecoba membahas sedikit cara membuat tabel pada Visual FoxPro. Untuk lebih jelasnya, ikutilah langkah-langkah berikut.

  1. Bukalah program FoxPro, kliklah menu file kemudian pilihlah New maka akan muncul kotak dialog New. Pilihlah Project, setelah itu kliklah tombol New File.
  2. Kemudian akan muncul kotak dialog Create, berilah nama project tersebut, misalnya data.pjx, simpanlah ke sembarang direktori, misalnya C:\My Document dan kliklah tombol Save.

Akan muncul kotak dialog Project Manager. Pilihlah Free tables kemudian klik tombol New untuk membuat tabel.

Kemudian pilihlah New Table. Berilah nama tabel tersebut misalnya data.dbf lalu simpanlah pada c:\My Documents

  1. Kemudian buatlah field yang dibutuhkan oleh tabel tersebut pada kotak dialog table designer setelah itu klik OK. Isilah data tersebut sesuai dengan kehendak anda.

Sampai tahap ini anda anda telah selesai membuat tabel pada Foxpro. Kemudian konfigurasikan tabel data tersebut dengan menggunakan ODBC agar bisa diakses oleh MySQL. Buka aplikasi ODBC dengan cara klik start > setting > control panel > ODBC data sources (32bit) maka akan muncul kotak dialog, pada tab user DSN pilihlah Visual Foxpro tables kemudian klik tombol konfigure, maka akan muncul kotak dialog ODBC Visual Foxpro kemudian klik Browse untuk mencari dimana direktori anda menyimpan file table data.dbf

Setelah selesai kliklah tombol Ok untuk menyimpan konfigurasi tersebut

Kemudian kembalilah kehalaman kerja MySQL-Front untuk melakukan import data pada tabel data.dbf yang telah kita buat. Ikutilah langkah-langkah berikut

v Klik menu import/export, kemudian pilihlah ODBC import maka akan muncul kotak dialog ODBC Import.

v Pilihlah data source kemudian pilihlah visual FoxPro Tables. Akan muncul kotak dialog Database Login. Kosongkan saja kotak dialog tersebut lalu klik OK. Disitu terlihat bahwa table data telah masuk pada bagian tables.

v Setelah selesai kliklah tombol import untuk menjalankan eksekusi tersebut kemudian tutuplah kotak dialog dengan menekan tombol close. Untuk meyakinkan anda bahwa table data.dbf telah masuk kedalam database pada MySQL, lihatlah hasilnya pada database yang anda gunakan untuk menampung tabel tersebut.

Terlihat bahwa table data yang telah kita buat pada Microsoft Visual FoxPro telah masuk kedalam database MySQL. Bandingkan isinya, maka akan sama persis antara isi table yang berada pada MS Visual FoxPro dengan yang berada pada database MySQL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar